Visi, Misi dan Tujuan YAPKIS Darul 'Amal

on Sabtu, 17 Januari 2009





Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Islam (YAPKIS) Darul 'Amal adalah sebagai lembaga yang bergerak dibidang pendidikan dan sosial Islam yang mempunyai Visi sebagai berikut:














1.Dengan Imtaq dan Teknologi menjadikan Kabupaten termaju di Jawa Barat dan penyangga terdepan ibu kota dan Negara


2. Masa depan bangsa dan masa depan umat sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya, yang menyertai sumber daya alam yang telah di anugerahkan Allah, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia tidak ada jalan lain kecuali melalui pendidikan.


3. Pendidikan Darul 'Amal harus mengarah kepada pembinaan peserta didik sebagai kader pemimpin bangsa dan pembina umat, dengan mengintegrasikan materi yang bersifat keimanan, ibadah, dan amal shaleh, dengan yang bersifat keilmuan, dan kemajuan teknologi, serta kebugaran jasmani, yang disebut "(Olah Rasa, Olah Rasio, dan Olah Raga".

4. Metode pendidikan Islam di Darul 'Amal ditempuh dengan mengintegrasikan proses al-Tarbiyyah, al-Ta'lilm, al-Takdiib, artinya pengasuhan, perawatan, pembinaan, pengurusan, lewat pembelajaran, atau pemberitahuan, sehingga melahirkan pembudayaan ajaran Islam bagi peserta didik


5.Sumber Daya Manusia berkualitas, cerdas, religius, terampil dan berwawasan luas dalam kerangka kepribadian akhlakul karimah.



6.Terwujudnya insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual, dan Moral menuju generasi ulul albab yang berkomitmen tinggi terhadap kemaslahatan Umat dengan berlandaskan pengabdian kepada Allah SWT.





7. Mengantarkan santri menjadi pemimpin formal dan informal di masyarakat





MISI



  • Pemberdayaan dan Pengembangan pendidikan meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik sebagai basis kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual dalam kerangka akhlakul karimah.

  • Menciptakan Kabupaten yang kondusif

  • Mengembangkan masyarakat madani yang dilandaskan nilai agama dan nilai luhur agama

  • Pelayanan yang prima kepda masyarakat

  • Mengemukakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa

  • Memanfaatkan potensi SDA dan SDM secara maksimal

  • Pemberdayaan pendidikan melalui proses belajar mengajar, pelatihan, konsolidasi, manajemen, peningkatan kerjasama / organisasi secara terpadu pemanfaatan infrastruktur pendidikan secara optimal sehingga mampu bersaing ditengah masyarakat.

  • Membina santri agar mampu memimpin kegiatan keagamaan.,Membekali santri dengan pengetahuan agama dan umum

  • Menyelenggarakan proses pendidikan Islamyang berorientasi pada mutu, berdaya saing tinggi, dan berbasis pada sikap Spiritual, Inetelektual dan Moral guna mewujudkan kader umat yang menjadi rahmatan lil alamin (QS. 9 :122)

  • Mengembangkan pola kerja pondok pesantren dengan berbasis pada manajemenprofesional yang Islamiguna menciptakan suasana kehidupan di lingkungan pondok yang tertib, aman dan damai. (QS. 56: 26, QS 9:105, QS 67:2)

  • Meningkatkan citra positiflembaga pendidikan Pondok Pesantren yang berwawasan sains dan tehnologi Informasi serta berbudaya modern yang Islami. (QS. 39:18)

TUJUAN


Tercapainya manusia yang berilmu dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dan mampu mengaktualisasikan diri dalam kehidupan bermasyarakat yang plural berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah

Semoga Visi, Misi dan Tujuan Yayasan Pendidikan Dan Kesejahteraan Islam Darul 'Amal Dapat tercapai di bawah rahmat dan ridho Allah SWT. Amiiiin... Ya robbal 'Alamiiin




0 komentar: